PERILAKU KONSUMEN
A.
PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen adalah
kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan
mempergunakan barang-barang/ jasa termasuk didalam proses pengambilan keputusan
pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.
Ada 2 elemen penting dari
perilaku konsumen, yaitu : peruses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik
yang semua ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan dan mempergunakan
barang/jasa secara ekonomis.
Perilaku konsumen sangat perlu
dipelajari karena mempunyai manfaat sbb :
1.
Membantu
para manager dalam pengambilan keputusannya.
2.
Memberikan
pengetahuan kepada peneliti pemasaran dengan dasar analisis konsumen.
3.
Mebantu
legislator dan regulator dalam menciptakan hukum dan peraturan yang berkaitan
dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa.
4.
Membantu
konsumen dalam pembuatan keputusan pembelian yang lebih baik.
B.
MODEL PERILAKU KONSUMEN
Terdapat tiga faktor yang
mempengaruhi pilihan konsumen sbb :
·
Konsumen
individual
Pilihan
untuk membeli suatu produk dengan merk tertentu dipengaruhi oleh hal-hal yang
ada pada diri konsumen.
·
Lingkungan
yang mempengaruhi konsumen
Pilihan-pilihan
konsumen terhadap merk dipengaruhi oleh lingkungan yang mengitarinya.
·
Stimuli
pemasaran atau strategi pemasaran
Strategi
pemasaran yang banyak dibahas adalah satu-satunya variable dalam model ini yang
dikendalikan oleh pasar.
C.
TEORI PRILAKU KONSUMEN
1.
Teori
Ekonomi Mikro
Teori
ekonomi mikro atau teori ekonomi klasik ini dikembangkan oleh ahli-ahli ekonomi
klasik seperti Adam Smith dkk. Menurut teori ini keputusan untuk membeli
merupakan hasil perhiungan ekonomis rasional yang sadar. Pembeli individu berusaha
menggunakan barang-barang yang memberikan kegunaan (kepuasan) paling banyak
sesuai dengan selera dan harga yang relative.
2.
Teori
Psikologis
Teori
psikologis ini mendasarkan pada faktor-faktor psikolohis individu yang selalu
dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan lingkungan. Pada prinsipnya teori ini
merupakan penerapan dari teori-teori dalam bidang psikologis dalam menganalisis
perilaku konsumen.
3.
Teori
Sosiologis
Teori
sosiologis atau yang disebut juga teori psikologis social lebih menitik
beratkan pada hubungan dan pengaruh antara individu-individu yang dikaitkan
dengan prilaku mereka.
4.
Teori
Antropologis
Teori
antropologis menekankan prilaku pembelian dari suatu kelompok masyarakat yang
ruang lingkupnya sanagt luas seperti kebudayaan, sub budaya dan kelas social.
Referensi : Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen : Drs. Danang Sunyoto, SH., SE., MM.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar