Minggu, 04 Mei 2014

Keuntungan dan Kerugian Komputer dalam Pendidikan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan pendidikan di Indonesia sudah semakin maju. Dimana saat ini pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Setiap warga negara bahkan dijamin dalam Undang-Undang pasal 31 untuk mendapatkan pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia menitik beratkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban. Semakin berkembangnya dunia pendidikan tentu semakin berkembang pula ilmu pengetahuan dan teknologinya, terutama dizaman modern seperti saat ini alat bantu seperti komputer memiliki peran penting bagi mahasiswa atau pelajar.
1.2  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasikan berbagai masalah yaitu :
1.2.1 Pengertian pendidikan ?
1.2.2 Pengertian komputer?
1.2.3 Keuntungan dan kerugian komputer dalam pendidikan?

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pendidikan
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. (Wikipedia)
Fungsi Pendidikan
Menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi yang nyata (manifes) berikut:
·         Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
·         Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
·         Melestarikan kebudayaan.
·         Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.
Fungsi lain dari lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.
·         Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
·         Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
·         Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
·         Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:
·         Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
·         Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
·         Menjamin integrasi sosial.
·         Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
·         Sumber inovasi sosial.
2.2  Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Jenis Komputer
·         Komputer analog
·         Komputer pulsa
·         Mikrokomputer
Komputer rumah (home computer)
·       Minikomputer
·       Mainframe computer
·       Superkomputer
2.3  Keuntungan dan Kerugian Komputer dalam Pendidikan
Keuntungan :
·         Membantu guru dalam mengajar siswa dengan mudah dan cepat
·         Siswa dapat mencari konsep atau hal-hal yang mereka ingin ketahui
·         Internet dapat memberikan beragam informasi, sehingga akan meningkatkan pengetahuan para siswa
·         siswa akan dapat memperoleh pengetahuan dari berbagai mata pelajaran dan hal-hal yang lain selain pelajaran di sekolah mereka
·         Pengenalan komputer di lembaga pendidikan dapat membantu siswa belajar tentang software dan hardware yang berbeda, di bawah bimbingan guru
·         Pentingnya pendidikan komputer menjadi fakta bahwa siswa yang memiliki keterampilan komputer memiliki kesempatan lebih besar untuk meraih pekerjaan yang terbaik dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya
Kerugian :
·         komputer dapat membuat otak kita menjadi lebih malas dan jarang diasah.
·         Melakukan semua perhitungan dengan bantuan software dan kalkulator dapat mempengaruhi kemampuan matematika kita sendiri
·         Dengan informasi yang siap pakai dan tersedia di internet. Siswa akan lebih jarang datang ke perpustakaan dan mencari informasi dengan menggunkan sumber-sumber lain.
·         Kurang membaca dapat menghambat kemajuan dan masa depan pendidikan.

BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Bahwa komputer dan pendidikan telah menjadi saling keterhubungan satu sama lain. Oleh sebab itu kita harus bisa dengan bijak memanfaatkan teknologi komputer yang telah mempengaruhi kehidupan kita secara positif.

Sumber
http://www.wedaran.com/4592/keuntungan-kerugian-komputer-dalam-pendidikan/






Tidak ada komentar :

Posting Komentar