Jumat, 14 Oktober 2011

Sundanese



Uniknya Kebudayaan Sunda
Indonesia merupakan Negara Maritim yang terdiri dari banyak pulau , dari mulai pulau besar sampai anak pulau yang belum bernama. Selain itu Indonesia juga terkenal dengan keragaman budayanya dari Sabang sampai Merauke. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah salah Satu Kebudayan yang ada di Indonesia tercinta kita ini.

Yapps ... Kebudayaan Sunda bagi sebagian orang bukan lagi hal yang awam. Sebagai orang Indonesia yang mendiami Pulau Jawa pasti semuanya mengetahui. Tetapi bukan hanya orang di pulau Jawa saja yang tau bahkan sampai mancanegara pun mengetahuinya..
Kebudayaan sunda itu sangat menarik untuk kita bahas, dari mulai kebudayaan,suku,bahasa,makanan dan keseniannya.

1. Kebudayaan Sunda
Murah senyum,ramah tamah, dan kata sebagian orang sangat menjujung tinggi sopan santu(tapi ada juga loh yang bandel mah).hehe
itu merupakan sebagian kecil budaya yang ada di Tatar Sunda. Tatar Sunda juga sangat menjunjung nilai religius tetapi tidak lepas dengan kebudayaan adat nenek moyang (dalam bahasa sunda
Karuhun) masih di pergunakan dengan baik, misalnya saja upacara adat .
contoh kecilnya lagi penggunaan bahasa
pamali yang entah dari mana asalnya. 

2. Suku Sunda
Suku Sunda adalah orang yang mediami wilayah administrasi provinsi Jawa Barat. Suku sunda yang paling terkenal adalah Suku Baduy di daerah Lebak yang bisa di bilang masih primitif. Tetapi itu hanya sebagian kecil karena mereka sudah mulai membuka diri dengan dunia luar dan lagi orang sunda pun sekarang sudah tercampur dengan para pendatang.

3.Bahasa Sunda
Bahasa sunda secara umum merupakan cabang dari Melayu-Polinesia. Uniknya lagi orang sunda mempunyai huruf vokal lebih dari yang biasa di gunakan dalam bahasa indonesia seperti (a, i, u, e, o) , sedangkan bagi masyarakat sunda mempunyai jumlah 7 (a, i, u, e, o, e, eu). Kemudian ada juga sebagian masyarakat sunda yang tidak bisa membedakan cara pembacaan Huruf F,P, dan V. Lucu bukan???
4. Makanan Khas Sunda
Hampir di semua kabupaten memiliki makanan tradisional yang berbeda. Jika kalian pernah jalan-jalan ke daerah Jawa Barat kalian juga akan di suguhkan Warung Makan Sunda dengan hidangan persmanan dan lesehan, bagi sebagian masyarakat sunda sambal dan lalaban pun tak pernah tertinggal. Makanan yang paling khas dari daerah Jawa Barat ini biasanya berupa Tauco dari Cianjur, Tahu dari Sumedang, Dodol dari Garut, dan Peuyeum dari Bandung.

5. Kesenian Sunda
Kesenian dari Tatar sunda sangat lah beragam,, dari muali tarian, alat musik, hingga permainan tradisional .
tetapi sayang nya sekarang kesenian tradisonal tersebut sudah hampir pudar dikarnakan oleh banyaknya pengaruh asing yang memasuki negeri ini, bukan hanya di tatar sunda saja sebenarnya banyak didaerah lain juga yang keseniannya sudah hampir punah.
Oleh sebab itu marilah kita jaga baik-baik kekayaan yang ada di Tanah Air Tercinta ini.

Sumber : http:/wikipedia.com


NAMA : RINI RISNAWATI
KELAS : 1EA02
NMP : 16211237

Tidak ada komentar :

Posting Komentar