Credit Union
- Pegertian Credit Union
Credit Union berasal dari kata bahasa Latin:
Credere = percaya, dan Unio = perkumpulan.
Penulis mengartikan
Credit Union adalah sebuah gerakan rakyat yang saling percaya dan bersepakat
membantu sesama anggota untuk menolong dirinya sendiri dengan cara menabung dan
meminjamkan hasil tabungannya kepada sesama anggota untuk kesejahteraan
bersama.
- Logo Credit Union
Credit Union
memiliki logo universal yang umum digunakan oleh berbagai Credit Union. Ada Juga
CU yang memodifikasi symbol dari logo tersebut. Namun symbol filosofinya tetap digunakan.
Inilah makna simbol logo Credit Union:
1. Gambar sebuah
keluarga (bapak, ibu, dan dua anak). Mengandung arti keluarga
menjadi inti
kekuatan gerakan Credit Union. Keluarga dapat dikatakan sebagai Credit Union kecil.
Setiap anggota disarankan untuk mendaftarkan seluruh keluarganya menjadi
anggota Credit Union.
Logo Credit Union |
2. Gambar bola
dunia, Gerakan Credit Union merupakan gerakan yang mendunia. Setiap anggota disarankan untuk menyampaikan kepada
banyak orang agar gerakan Credit Union semakin meluas kepada masyarakat.
3. Gambar tangan
menopang dunia, Tangan kiri melambangkan Solidaritas sesuai dengan spirit
Credit Union - People Helping People Help Themselves yaitu menolong sesama membantu
dirinya sendiri, Tangan kanan melambangkan Swadaya sesuai dengan falsafahnya: Dari
anggota Oleh anggota dan Untuk anggota. falsafahnya: Dari
anggota Oleh anggota dan Untuk anggota.
- Nilai-nilai Dasar Credit Union
1. Keadilan,
secara konsisten menciptakan produk pelayanan kepada para anggotanya
dan fokus hanya
kepada anggota. Dapat dipantau dengan cara: melihat apakah penetapan nilai
produk dapat meningkatkan pelayanan yang menguntungkan pada anggotanya.
2. Integritas,
menunjukaan perhatian, komitmen dan kejujuran termasuk dalam hal
pelaporan. Dapat
dipantau dengan cara: 1) Menggunakan semua informasi yang tersedia dan metode
pelaporan yang benar, 2) Para pemegang saham sadar akan pelaporan itu, 3) Jangkauan
dan penyampaian informasi berguna bagi pemegang saham, 4) Laporan anggota meliputi
indikator-indikator yang dapat diukur, manfaat keuangan yang bernilai yang
diberikan kepada anggota melalui penetapan nilai produk.
3. Profesionalisme,
pelayanan yang efisien, efektif dan tepat waktu atas kerjasama
pengurus, pengawas
dan manajemen yang terlatih dengan dukungan sistem komunikasi dan operasional
yang dikelola dengan baik. Dapat dipantau dengan cara: melihat data keluhan anggota,
menggunakan teknik survey dan umpan balik.
4. Bertanggung
Jawab, didukung oleh manajemen kehatihatian (prudent management) dan
ketersediaan modal yang kuat. Dapat dipantau dengan cara: melihat terpenuhinya
indikator keuangan kunci dan sesuai dengan standard Operasional CU
5. Kerjasama,
masukan para pemegang saham, seluruh lapisan masyarakat dan
1 / 2 keterlibatan
mereka memberikan manfaat kepada anggota serta masyarakat lokal melalui usaha
kolektif. Dapat dipantau dengan cara: melihat jumlah organisasi masyarakat yang
menggunakan CU, jumlah nilai tambah atau manfaat yang diperkenalkan setiap
tahun.
6. Perayaan,
tuntutan organisasi yang sehat dengan kualitas pegawai yang baik perlu
diperkuat dengan
antusiasme perayaan keberhasilan. Hal ini merupakan hal penting dalam organisasi
yang sehat. Perayaan untuk apresiasi kekuatan, talenta dan potensi orang-orang dalam
organisasi akan mendorong peningkatan kepercayaan diri dan kompetensi dalam berorganisasi.
Namun perlu juga mengakui kelemahan manusia atas kesalahan atau kegagalannya.
Dapat dipantu dengan cara: 1) Survey terhadap staff dan Pengurus, 2) Volume peristiwa
perayaan keberhasilan dan individu, 3) Perayaan bagi anggota yang menonjol.
7. Saling
Menghormati, setiap orang harus diperlakukan dengan rasa hormat dan
bermartabat. Dapat
dipantau dengan cara: 1) Umpan balik anggota secara terus menerus, 2) Keluhan/komentar/saran
(lisan dan tertulis), 3) Survey para pemegang saham dan masyarakat.
8. Tanggung
Gugat (Accountable), Berkaitan dengan mitra masyarakat, pemerintah dan bisnis,
maka harus bertanggung jawab demi kualitas kerja dan memberikan lebih dari apa
yang diharapkan. Dapat dilakukan melalui keterbukaan berorganisasi yang
mencerminkan pada kepercayaan dan kesadaran akan tanggung gugat bersama. Dapat
dipantau dengan cara: 1) Transparansi laporan 2) Daftar sikap yang diinginkan
dan disepakati bersama dengan menggunakan metode survey, wawancara, keluhan
anggota hingga tingkat pembuatan keputusan yang didelegasikan.
9. Integrasi,
bekerja adalah bagian penting dari hidup yang menyatu dengan aktivitas hidup lainnya.
Bekerja dalam tim secara holistik, saling menghormati perbedaan dan keyakinan. Dapat
dipantau dengan cara: 1) Survey persepsi staff & anggota, 2) Mengukur staff/volunter/aktivis
yang memiliki perbedaan, keyakinan dan lain-lain.
10. Inovasi,
secara aktif mencari cara untuk memperkenalkan program dan prosedur baru untuk
meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan melalui perubahan yang terus
menerus baik dalam proses maupun sistem. Dapat dipantau dengan cara: 1)
Mencatat dan mengungkap gagasan program baru, 2) Menerima, 3) Mengevaluasi, 4)
Mengembangkan, 5) Mengimplementasikan, 6) Mengukur hasilnya.
- Prinsip Penyelenggaraan Credit Union
Dirumuskan dan
disepakati dalam Forum Credit Union Internasional I yang diselenggarakan oleh
WOCCU pada tanggal 24 Agustus 1984. Prinsip – prinsip Credit Union tersebut:
·
Struktur
Demokratis
1. Keanggotaan
terbuka dan sukarela, setiap orang dalam ikatan pemersatu bergabung dan
memanfaatkan pelayanan yang diberikan CU secara bertanggung jawab.
2. Kontrol
secara demokratis, Anggota CU memiliki hak yang sama untuk bersuara (satu anggota
satu suara) dan berperan serta di dalam pengambilan keputusan-keputusan untuk kemajuan
CU tanpa dipengaruhi jumlah tabungan, saham, deposito maupun volume usahanya. Anggota
CU memilih pengurus dan pengawas CU, yang dipilih adalah para RELAWAN yang tidak
menerima gaji. Namun demikian, CU bisa mengeluarkan biaya-biaya yang
dikeluarkan oleh para pejabat berkaitan dengan tugasnya.
3. Tidak
diskriminatif, Setiap anggota diperlakukan sama, CU tidak membeda-bedakan.
·
Pelayanan Anggota
1. Pelayanan
kepada anggota, semua
pelayanan ditujukan untuk meningkatkan ekonomi kesejahteraan sosial dan ekonomi
anggota.
2. Distribusi
kepada Anggota, Balas
jasa simpanan yang layak atas simpanan anggota bertujuan untuk mendorong
penggunaan uang secara bijaksana melalui kebiasaan menabung. Selanjutnya CU
mampu menyediakan pelayanan pinjaman dan pelayanan lain kepada anggotanya.
Setiap hasil lebih (surplus) yang diperoleh harus memberikan manfaat bagi seluruh
anggota bukan pada segelintir anggotanya apalagi bukan anggota. Hasil lebih
tadi dibagikan kepada para anggotanya sesuai besaran saham dimilikinya atau
diarahkan untuk meningkatkan atau menambah pelayanan uang diperlukan anggota.
3. Membangun
Stabilitas Keuangan,
Perhatian utama CU adalah untuk membangun
kekuatan
finansial, melalui pembentukan cadangan yang memadai dan kontrol internal yang memastikan
pelayanan berkesinambungan kepada para anggotanya. Untuk melihat stabilitas keuangan
CU dapat dii lihat pada table struktur keuangan Credit Union yang efektif.
·
Tujuan Sosial
1. Pendidikan
yang Terus Menerus, CU
secara aktif harus terus melaksanakan
pendidikan
kepada para anggota, pengurus, pegawas, staff dan masyarakat pada umumnya sesuai
pada prinsip menolong diri sendiri dalam kebersamaan, demokratis, sosial dan
ekonomi. Tujuannya adalah untuk mendorong penggunaan uang secara bijaksana,
menabung dan juga mendidik anggota agar memahami hak dan tanggung jawabnya.
2. Kerjasama
antar Credit Union, Untuk
mewujudkan ketahanan filosofinya dan
menggalang
keberadaannya, CU secara aktif harus membangun kerja sama dengan CU lain, baik
tingkat lokal, nasional dan internasional.
3. Tanggung
Jawab Sosial, CU
menjunjung pembangunan manusia dan pembangunan sosial dalam masyarakat. CU
senantiasa harus berupaya memberikan pelayanan kepada semua orang yang
membutuhkan dan mau menggunakan pelayanan tersebut. Pelayanan CU ditunjukan
kepada setiap orang tanpa membeda-bedakan dan CU senantiasa ikut membangun tatanan
kehidupan perekonomian masyarakat.
- Daftar Credit Union besar di Indonesia berdasarkan tahun berdirinya
·
Credit Union Lantang Tipo (1976)
·
Credit Union Khatulistiwa Bakti (1985)
·
Credit Union Pancur Kasih (1987)
·
Credit Union Daya Lestari (2001). Berada diKalimantan
Timur, dan Wilayah pengembangannya ada di seluruh Kabupaten Dikalimantan
Timur... Ada 24 Kantor TPK/TP/Cabangan di Seluruh kalimantan Timur, anggota
Lebih dari 30 Ribu...
·
Credit Union Femung Pebaya (????)Kalimantan Timur
·
Credit Union Sempekat Ningkah Olo (????)Kalimantan
Timur
·
Credit Union Petemeai Urip (???) Kalimantan Timur.
·
Credit Union Bonaventura (???) Kalimantan Barat
sumber : www.cukalimantan.com
Tidak ada komentar :
Posting Komentar