Pengaruh individu dalam perilaku konsumen merupakan salah satu faktor yang
dapat menjadi acuan seorang konsumen dalam melakukan kegiatan pembelian. Setiap
individu memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam menkonsumsi suatu barang
atau jasa, namun adakalanya seorang individu dapat mempengaruhi individu
lainnya dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Ada faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi seorang individu, antara lain :
- Faktor kebudayaan
Adalah faktor penentu keinginan dan perilaku seseorang yang paling
mendasar. Jika makhluk yang lebih rendah perilakunya sebagian besar diatur oleh
naluri, maka perilaku manusia sebagian besar adalah dipelajari.
- Faktor Sosial
Perilaku seorang konsumen juga dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial,
seperti kelompok referensi keluarga, status, dan peranan sosial.
- Faktor Pribadi
Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti
umur dan tahapan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, serta
kepribadian dan konsep diri pembeli.
- Faktor Psikologis
Pilihan seseorang membeli juga dipengaruhi oleh empat faktor psikologis
utama, yaitu : motivasi, persepsi belajar, kepercayaan dan sikap.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa hal ini merupakan suatu tantangan bagi
para pemasar untuk dapat membaca pikiran para individu agar individu tersebut
memilih untuk mengkonsumsi barang atau jasa pemasar tersebut, sehingga para
pemasar harus belajar dalam memahami apa yang diinginkan seorang individu
melalui faktor-faktor yang telah dijelaskan, agar individu tersebut dapat
memperoleh sesuai apa yang dia inginkan dan pemasar pun dapat memperoleh
keuntungan.
Sumber :
Tidak ada komentar :
Posting Komentar