Pilihan untuk membeli suatu produk
dengan merek tertentu dipengaruhi oleh hal-hal yang ada pada diri konsumen,
dalam hal ini termasuk situsi. Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai
pengaruh yang timbul dari faktor khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik
terlepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek (Menurut
Engel,dkk. 1994). Sedangkan (Menurut Mowen dan Minor. 1998) Situasi konsumen
adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu situasi dimana
perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Interaksi individu dengan situasi dalam
diskusi mengasumsi bahwa semua konsumen merespon dengan cara yang sama terhadap
situasi tertentu. Namun, kenyataan tidak harus demikian.
Pengaruh
situsi setiap individu pada dasarnya berbeda, namun ada beberapa karakteristik
situasi konsumen yang bisa menjadi pertimbangan, sbb :
- Lingkungan Fisik
Sarana fisik yang menggambarkan situasi konsumen yang meliputi: lokasi, dekorasi, aroma, cahaya, cuaca dan objek fisik lainnya yang ada di sekeliling konsumen. - Lingkungan Sosial
Kehadiran dan ketidakhadiran orang lain pada situasi tersebut. - Waktu
Waktu atau saat perilaku muncul (jam, hari, musim libur, bulan puasa, tahun baru). Waktu mungkin diukur secara subjektif berdasarkan situasi konsumen, misal kapan terakhir kali membeli biskuit. Arti “kapan terakhir kali” akan berbeda antar konsumen. - Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai pada suatu situasi. Konsumen yang belanja untuk hadiah akan menghadapi situasi berbeda dibandingkan belanja untuk kebutuhan sendiri. - Suasana Hati
Suasana hati atau kondisi jiwa sesaat (misalnya perasaan khawatir, tergesagesa, sedih, marah) yang dibawa pada suatu situasi.
Pengaruh
situasi yang tidak terduga adalah situasi tidak terduga dapat menjadi pemicu
seseorang untuk membeli suatu barang. Misalnya mahasiswi yang akan mengikuti
ujian dan lupa membawa bolpoin dan pensil, maka secara otomatis dia akan
membeli dulu bolpoin dan pensil sebelum mengikuti ujian tersebut.
Sumber :
http://splashurl.com/kflrgtk
Tidak ada komentar :
Posting Komentar