Pengaruh rumah tangga dan keluarga
Keluarga
digunkan menggambarkan berbagai macam bentuk rumah tangga. Macam-macam bentuk keluarga
tersebut adalah:
1) Keluarga
Inti (Nuclear Family)
Merupakan lingkup keluarga yang meliputi
ibu, ayah dan anak-anak yang hidup bersama.
2) Keluaraga
Besar (Extended Family)
Yaitu keluarga inti tambahan dengan orang-orang yang
mempunyai ikatan saudara dengan keluarga tersebut seperti kakak, paman, bibi
dan menantu.
Dalam
keluarga tardisonal biasanya fungsi seorang suami atau ayah adalah sebagi
pencari nafkah, sedangkan yang lainnya adalah sebagai anggota keluarga. Dalam
keluarga dengan pola demikin, maka perilaku anggota keluarga sangat dipengaruhi
oleh pemimpin keluarga atau suami atau ayah. Keputusan untuk membeli atau tidak
membeli atau keputusan membeli pilihan merek A atau merek B ditentukan oleh
persepsi, motivasi kepala keluarga. Bila kepala keluarga membiasakan membeli
dan menggunakan shampo merek A, maka semua anggota keluarga juga menggunakan
shampo yang ber-merek sama.
Namun, didalam keluarga masing-masing anggota
dapat berbuat hal yang berbeda dalam membeli sesuatu. Setiap anggota keluarga
memiliki selera dan keinginan yang berbeda. Oleh karena itu perusahaan dalam
mengidentifikasikan perilaku konsumen harus mengetahui siapa perlu, pengambilan
inisatif, pembeli atau siapa yang memepengaruhi keputusan untuk membeli dengan
mengetahui peranan dari masing-masing anggota keluarga, maka perusahaan dapat
menyusun program-program pemasaran dengan lebih baik dan terarah.
Sumber :
Perilaku konsumen ( Dr. H. Mulyadi Nitisusastro)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar