Kelas sosial adalah
sebuah kelompok yang relatif homogen yang bertahan lama dala sebuah masyarakat
, yang tersusun secara hierarki dan yang keanggotaanya mempunyai nilai minat
dan perilak yang sama (philip kotler, 1993:225). Kelas sosial mempunyai
beberapa karakteristik anatara lain :
1)
Orang-orag dalam setiap kelas sosial
cenderung mempunyai perilaku yang serupa dibanding orang-orang yang berasal
dari dua kelas sosial yang berbeda. 2) Seseorang dipandang mempnyai pekerjaan yang rendah atau tinggi sesuai dengan kelas sosialnya.
3) Kelas sosial seseorang dinyatakan dalm beberapa variabel seperti jabatan, pendapatan, kekayaan, pendidikan dan orientasi terhadap nilai daripada hanya berdasarkan sebuah variabel.
4) Seseorang mampu berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, naik atau turun selama hidupnya.
Kelas sosial memegang
peranan penting dalam suatu program pemasaran, karena adanya perbedaan
substansial diantara kelas-kelas tersebut mempengaruhi perilaku pembelian
mereka. Jadi sampai sejauh mana pemasar mampu mempromosikan produknya sehingga
dirasa akan membantu keinginan konsumen untuk mencapai kelas sosial yang lebih
tinggi. Dengan memahami perilaku konsumen antara masing-masing kelas sosial
maka perusahaan dapat menyelenggarakan dan melaksanakan program-program
pemasaran yang efektif dan efisien.
Sama halnya dengan
kelas sosial, status juga menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam proses
mempromosikan segmen-segmen pasar berdasarkan kemampuan atau tingkat daya
belinya. Sehingga secara tidak langsung status mempengaruhi gaya hidup seseorang.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar