Kamis, 26 Desember 2013

Objek Wisata Cianjur




Gunung Padang Situs Megalitikum di Jawa Barat

Gunung Padang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur. Pada awalnya daerah ini tidak begitu banyak dikenal oleh masyarakat luar. Tapi semenjak ditemukannya situs megalitikum atau zaman batu besar daerah gunung padang semakin ramai menjadi perbincangan dan dikunjungi oleh masyarakat dan rombongan peneliti arkeologi.
Pada mulanya warga sekitar mengira gundukan batu yang terdapat dipuncak gunung merupakan bongkahan batu biasa. Namun setelah diteliti ternyata hal ini merupakan batu peninggalan zaman purba . Menurut penelitian dengan carbon dating (pengukuran usia berbasis kandungan karbon) menunjukkan angka 5900 SM. Artinya ini lebih tua dari situs bangunan piramida di Mesir (3500 SM) dan situs arkeologis di mesopotamia (sekarang masuk wilayah Iran, Irak dan Suriah sekitar 4000 SM). Dengan kata lain, jika kebenaran ini memang terjadi maka Situs Megalitikum Gunung Padang merupakan Awal Peradaban Dunia.
Menurut skala ukurannya, situs tersebut dipastikan paling besar se-Asia Tenggara. Bentuknya berupa punden berundak (Bangunan pemujaan tradisi megalitikum yang berbentuk persegi empat dan tersususn bertingkat) dengan lima teras bertingkat. Luasnya menurut pihak pariwisata 900m2 dengan luar arel situs 3 hektare. Bentuk bukit Padang menyerupai trapesium, dengan tinggi (dari landasan landai terdekatnya) 110 meter.
Namun, kedalanya tidak ada angkutan umum yang bisa mencapai lokasinya, selain itu ditambah dengan kondisi jalan yang buruk selama satu jam sebelum mencapi lokasi tersebut. Tetapi masih ada pemandangan kebun teh yang bisa mengobati selama 10 menit di perjalananan. Dengan semakin ramainya pengunjung dan para peneliti yang datang kesana pemerintah harus segara melindungi dan memeberikan fasilitas yang memadai agar lingkungan disekitarnya tetep terjaga keasriannnya.

Sumber : Majalah Sharing Edisi 78 Thn VII Juni 2013

Tidak ada komentar :

Posting Komentar