Kamis, 26 Desember 2013

Pengaruh rumah tangga dan keluarga




Pengaruh rumah tangga dan keluarga

Keluarga digunkan menggambarkan berbagai macam bentuk rumah tangga. Macam-macam bentuk keluarga tersebut adalah:
1)      Keluarga Inti (Nuclear Family)
Merupakan lingkup keluarga yang meliputi ibu, ayah dan anak-anak yang hidup bersama.
2)      Keluaraga Besar (Extended Family)
Yaitu keluarga inti tambahan dengan orang-orang yang mempunyai ikatan saudara dengan keluarga tersebut seperti kakak, paman, bibi dan menantu.
Dalam keluarga tardisonal biasanya fungsi seorang suami atau ayah adalah sebagi pencari nafkah, sedangkan yang lainnya adalah sebagai anggota keluarga. Dalam keluarga dengan pola demikin, maka perilaku anggota keluarga sangat dipengaruhi oleh pemimpin keluarga atau suami atau ayah. Keputusan untuk membeli atau tidak membeli atau keputusan membeli pilihan merek A atau merek B ditentukan oleh persepsi, motivasi kepala keluarga. Bila kepala keluarga membiasakan membeli dan menggunakan shampo merek A, maka semua anggota keluarga juga menggunakan shampo yang ber-merek sama.
 Namun, didalam keluarga masing-masing anggota dapat berbuat hal yang berbeda dalam membeli sesuatu. Setiap anggota keluarga memiliki selera dan keinginan yang berbeda. Oleh karena itu perusahaan dalam mengidentifikasikan perilaku konsumen harus mengetahui siapa perlu, pengambilan inisatif, pembeli atau siapa yang memepengaruhi keputusan untuk membeli dengan mengetahui peranan dari masing-masing anggota keluarga, maka perusahaan dapat menyusun program-program pemasaran dengan lebih baik dan terarah.
Sumber :
Perilaku konsumen ( Dr. H. Mulyadi Nitisusastro)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar