Kamis, 26 Desember 2013

Pengaruh Individu Konsumen



Pengaruh individu dalam perilaku konsumen merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi acuan seorang konsumen dalam melakukan kegiatan pembelian. Setiap individu memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam menkonsumsi suatu barang atau jasa, namun adakalanya seorang individu dapat mempengaruhi individu lainnya dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa. Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi seorang individu, antara lain :
  • Faktor kebudayaan
Adalah faktor penentu keinginan dan perilaku seseorang yang paling mendasar. Jika makhluk yang lebih rendah perilakunya sebagian besar diatur oleh naluri, maka perilaku manusia sebagian besar adalah dipelajari.
  • Faktor  Sosial
Perilaku seorang konsumen juga dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial, seperti kelompok referensi keluarga, status, dan peranan sosial.
  • Faktor Pribadi
Keputusan pembelian juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahapan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri pembeli.
  • Faktor Psikologis
Pilihan seseorang membeli juga dipengaruhi oleh empat faktor psikologis utama, yaitu : motivasi, persepsi belajar, kepercayaan dan sikap.
Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa hal ini merupakan suatu tantangan bagi para pemasar untuk dapat membaca pikiran para individu agar individu tersebut memilih untuk mengkonsumsi barang atau jasa pemasar tersebut, sehingga para pemasar harus belajar dalam memahami apa yang diinginkan seorang individu melalui faktor-faktor yang telah dijelaskan, agar individu tersebut dapat memperoleh sesuai apa yang dia inginkan dan pemasar pun dapat memperoleh keuntungan.

Sumber :



Tidak ada komentar :

Posting Komentar