Minggu, 29 Desember 2013

Pengelolaan Keuangan Masa Lajang



Ini merupakan tahap dimana kita mulai melepas ketergantungan dari orang tua dalam bidang finansial. Oleh karena itu, perencanaan keuangan mulai dirasakan penting pada tahap kehidupan ini.
Hal-hal penting dalam tahap ini adalah kebutuhan dana jangka pendek seperti dana menikah dan dana membeli rumah. Ini merupakan kebutuhan utama, satu tahap dimana persiapan satu lembaran baru pada kehidupan akan dimulai. Keluarga baru milik sendiri dibentuk.
Di usia muda, seseorang juga dapat mulai memilih instrumen investasi dengan risiko yang relatif lebih tinggi seperti portofolio investasi berisi saham, obligasi, dan Reksa Dana, asalkan telah memahami dengan baik potensi dan risiko berinvestasi di pasar modal.
Produk asuransi kesehatan diperlukan karena mahalnya biaya pengobatan. Produk asuransi kematian juga diperlukan untuk dapat menjaga ketersediaan dana bagi orang tua, kakak, dan adik yang secara finansial masih bergantung sekiranya terjadi sesuatu.

Produk keuangan yang mungkin dibutuhkan pada tahapan ini adalah :
 
Tahapan
Produk keuangan
Mulai bekerja, persiapan menikah
  • Tabungan, deposito, kredit perbankan dan/atau pembiayaan (untuk dana pernikahan, kredit kendaraan, dll)
  • Asuransi jiwa, asuransi kesehatan, unit link
  • Reksa dana ritel, Obligasi Ritel (ORI), Saham

Dengan adanaya pengelolaan keuangan yang teratur, pada masa ini diharapakan seseorang akan lebih bijaksana dalam menggatur keuangan untuk kebutuhannya. Karena dimasa kini gaya hidup atau life style cenderung mendukung seseorang untuk hidup konsumtif.

 Sumber : http://www.ojk.go.id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar