Kamis, 26 Desember 2013

Pengaruh Kelas Sosial dan Status





Kelas sosial adalah sebuah kelompok yang relatif homogen yang bertahan lama dala sebuah masyarakat , yang tersusun secara hierarki dan yang keanggotaanya mempunyai nilai minat dan perilak yang sama (philip kotler, 1993:225). Kelas sosial mempunyai beberapa karakteristik anatara lain :
1)      Orang-orag dalam setiap kelas sosial cenderung mempunyai perilaku yang serupa dibanding orang-orang yang berasal dari dua kelas sosial yang berbeda. 
2)      Seseorang dipandang mempnyai pekerjaan yang rendah atau tinggi sesuai dengan kelas sosialnya. 
3)      Kelas sosial seseorang dinyatakan dalm beberapa variabel seperti jabatan, pendapatan, kekayaan, pendidikan dan orientasi terhadap nilai daripada hanya berdasarkan sebuah variabel. 
4)      Seseorang mampu berpindah dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya, naik atau turun selama hidupnya.

Kelas sosial memegang peranan penting dalam suatu program pemasaran, karena adanya perbedaan substansial diantara kelas-kelas tersebut mempengaruhi perilaku pembelian mereka. Jadi sampai sejauh mana pemasar mampu mempromosikan produknya sehingga dirasa akan membantu keinginan konsumen untuk mencapai kelas sosial yang lebih tinggi. Dengan memahami perilaku konsumen antara masing-masing kelas sosial maka perusahaan dapat menyelenggarakan dan melaksanakan program-program pemasaran yang efektif dan efisien.
Sama halnya dengan kelas sosial, status juga menjadi pertimbangan yang cukup penting dalam proses mempromosikan segmen-segmen pasar berdasarkan kemampuan atau tingkat daya belinya. Sehingga secara tidak langsung status mempengaruhi gaya hidup seseorang.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar