Kamis, 26 Desember 2013

Sikap Motivasi dan Mawas Diri



Sikap Motivasi dan Mawas Diri
Perilaku seseorang dimulai dengan adanya suatu motif yang menggerakkan individu dalam mencapai suatu tujuan. Secara definisi motivasi adalah suatu dorongan dan keinginan individu yang diarahkan pada tujuan untk memperoleh kepuasan (Basu Swastha DH dan T. Hani Handoko, 1997:76). Adapaun definisi lain menurut beberapa ahli adalah sbb :
Schiffman & Kanuk (1994)
Motivasi, digambarkan sebagai dorongan dari dalam diri individu seseorang dan memaksa dia untuk berbuat. Dorongan ini dihasilkan oleh tekanan yang timbul akibat dari satu kebutuhan yang tidak terpenuhi.
Solomon (1999)
Motivasi, merujuk kepada proses yang menyebabkan orang berprilaku seperti yang mereka perbuat. Hal itu bila kebutuhan timbul dan yang bersangkutan berniat untuk memuaskannya. Sekali kebutuhan ter
Lah terpenuhi tingkat tekanan yang ada mendorong konsumen untuk mengurangi atau membatasi kebutuhan tersebut.
Neal, Quarter, Hawkins (2001)
Suatu keadaan dari dalam individu seseorang yang menggerakkan perilaku yang memberi arah dan tujuan terhadap perilaku tersebut, yaitu memenuhi kebutuhan.
Dari ketiga pendapat diatas, ternyata terdapat korelasi antara motivasi dan kebutuhan.
Mawas Diri
Menurut KKBI edisi kedua (1993), Mawas diri adalah melihat (memeriksa dan mengoreksi) diri sendiri secara jujur, introspeksi, kita hrus mawas diri agar kita jangan membuat kesalahan sama. Sedangkan menurut Marbangun Hardjowirogo mawas diri ialah meninjau kedalam hati nurani kita untuk mengetahui benar tidaknya suatu tindakan yang telah kita ambil. Secara tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari kita harus bisa menerapkan siakp mawas diri dalam kegiatan apapun termasuk dalam perilaku konsumen yang terkait pemeblian suatu produk atau mengguakan suatu jasa. Agar kita tidak mersa menyesal dikemudian hari.

Sumber :
 Perilaku konsumen (Dr.H. Mulayadi Nitisusastro)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar